Lapas Sampit Terima Kunjungan Kepala Bidang HAM Kanwil Kemenkumham Kalteng

oleh -30 Dilihat
oleh

SAMPIT – Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit kedatangan Kepala Bidang Hak Asasi Manusia (HAM) Kemenkumham Kalteng, Karyadi bersama 2 orang stafnya (03/07-2024) . Kunjungan tersebut terkait dengan monitoring Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Lembaga Pemasyarakatan Sampit.

Kedatangan Kepala Bidang HAM ini diterima langsung oleh Kalapas Sampit Meldy Putera di ruangan kerjanya. Karyadi menyampaikan bahwa kunjungannya ke Lapas Sampit untuk monitoring Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) “ini merupakan bagian dari komitmen untuk meningkatkan standar pelayanan publik yang menghormati hak asasi manusia di Lapas/Rutan sekaligus implementasi pelaksanaan Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI No. 25 Tahun 2023 tentang Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia.

Di sela-sela kunjunganya Tim dari Bidang HAM ini memanggil operator P2HAM Lapas Sampit Bagus Febri dan Operator Survey Indek Persepsi korupsi (IPK) dan Indek Kepuasan Masyarakat (IKM) Ahmad Syaefudin. Karyadi meminta kepada operator untuk segera melengkapi data dan dokumentasi di aplikasi P2HAM dan berharap Lapas Sampit mendapatkan sertifikat Pelayanan Publik Berbasis Hak Asasi Manusia pada tahun 2024 ini.

Monitoring ini tidak hanya bertujuan untuk memenuhi kriteria dalam P2HAM, tetapi juga ketersediaan sarana dan prasarana pendukung pelayanan publik berbasis Hak Asasi Manusia seperti akses pengaduan pelanggaran HAM bagi narapidana dan tahanan, akses prioritas bagi kaum disabilitas serta ketersediaan sumber daya manusia/petugas pada pelayanan.

Diharapkan hasil dari kegiatan ini dapat menjadi landasan untuk perbaikan berkelanjutan dalam penyelenggaraan Pelaksanaan Pelayanan Publik Berbasis HAM (P2HAM) di Lapas Sampit.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.