Program Unggulan Pemprov Kalteng: Mendorong Petani untuk Memaksimalkan Hasil Kakao

oleh -71 Dilihat
oleh

PALANGKA RAYA-Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui Dinas Perkebunan melaksanakan Seminar Potensi Pengembangan Industri dan Budidaya Kakao di Aula Dinas Perkebunan Selasa 27 Februari 2024.

Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo, yang diwakili oleh Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan (Ekbang) Sri Widanarni mengatakan, bahwa seminar yang dilaksanakan pada kesempatan ini menjadi langkah penting untuk menggerakkan potensi ekonomi daerah, terutama melalui sektor komoditas kakao atau coklat.

“Seperti diketahui bahwa Indonesia merupakan negara produsen kakao terbesar ketiga di dunia, namun, produksi kakao dalam negeri mengalami penurunan, sementara permintaan global terus meningkat,”ucapnya.

Selain itu, dalam hal ini menekankan pentingnya transfer pengetahuan, pengembangan ekonomi, ketersediaan pasar, faktor logistik, dan komitmen dari Pemerintah Daerah untuk memastikan keberhasilan pengembangan kakao di daerah tersebut.

“Diharapkan seluruh peserta dapat mengikuti forum ini dengan saksama dan memanfaatkan kesempatan untuk memperoleh informasi dan pengetahuan yang dapat mengoptimalkan budidaya kakao,”tambahnya.

Sementara itu, Plt Kadisbun Kalteng Rizky R Badjuri menambahkan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk mengupdate pola petani Kalteng serta mendorong agar para petani kakao di Kalteng tetap semangat.

“Kami berusaha untuk memperbarui pola petani serta memotivasi para petani kakao agar tetap semangat dalam menanam. Kami berharap hal ini dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan kesejahteraan masyarakat Kalteng,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.