Bersama Lawan DBD: Mengedukasi, Mencegah, dan Mengurangi

oleh -58 Dilihat
oleh

PALANGKA RAYA-Demam Berdarah Dengue (DBD) memang bisa menjadi masalah yang serius jika tidak ditangani dengan baik, maka dari itu masyarakat harus benar-benar turut berpartisipasi dalam mencegah penyebarannya.

Wakil Ketua I Komisi C DPRD Kota Palangka Raya Ruselita mengatakan, sangatlah penting untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya pencegahan DBD.

“Beberapa kiat yang bisa kita lakukan untuk melindungi diri dan lingkungan kita dari bahaya Demam Berdarah Dengue (DBD), yakni dengan mengenakan pakaian yang menutupi kulit saat berada di luar rumah pada waktu-waktu tersebut,”ucapnya, Senin (4/12/2023).

Kemudian menggunakan obat nyamuk, penggunaan obat nyamuk, baik itu semprot, bakar, atau lotion, bisa membantu mencegah gigitan nyamuk.

“Salah satu cara paling efektif untuk mencegah DBD adalah dengan mengendalikan populasi nyamuk, ini dilakukan dengan cara rutin membersihkan tempat-tempat penampungan air dan memastikan tidak ada air yang tergenang, yang bisa menjadi tempat berkembang biak nyamuk,”tambahnya.

Selain itu, menggunakan kelambu saat tidur, meski nyamuk Aedes aegypti lebih aktif di siang hari, menggunakan kelambu saat tidur bisa menjadi langkah tambahan untuk melindungi diri dari gigitan nyamuk.

“Dengan langkah-langkah pencegahan dan penanganan yang tepat, diharapkan angka kasus DBD dapat ditekan dan masyarakat dapat terhindar dari masalah serius yang disebabkan oleh penyakit ini,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.