Anggota DPR RI H. Iwan Kurniawan Dorong IKM Fashion di Kalteng Agar Bisa Bersaing 

oleh -113 Dilihat
oleh
Suasana pembukaan seminar wirausaha bagi IKM Fashion di Palangka Raya. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Anggota DPR RI Dapil Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H. Iwan Kurniawan mendorong Industri Kecil dan Menengah (IKM) agar bisa bersaing tidak hanya pada tingkat lokal, namun hingga tingkat regional, nasional bahkan Internasional.

Hal tersebut dia sampaikan usai membuka kegiatan seminar Membangun Mindset Wirausaha Baru Muda, Kreatif, Inovatif dan Mandiri bagi IKM Fashion di Kota Palangka Raya. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan Kementerian Perindustrian RI melalui Direktorat Industri Kecil, Menengah.

Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan bertempat di Hotel BW, Palangka Raya pada Rabu (5/4/2022) Pagi.

“Daerah kita Kalimantan Tengah khususnya Palangka Raya punya aset dalam artian banyak motif-motif Kalteng yang bisa kita angkat, baik ke tingkat nasional maupun ke dunia kalau perlu. Benang bintik kita aja kalau mau jujur kita masih kalah dengan tetangga kita di Kalsel. Mungkin karena pelaku usaha kita belum punya fasilitas dan belum ada yang mewadahi dan lain sebagainya,” ucap pria yang merupakan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra tersebut.

Lanjutnya, dengan kegiatan tersebut pihaknya berharap Kementerian Perindustrian hadir ditengah-tengah masyarakat untuk memfasilitasi dan juga menjadi dorongan bagi anak muda di Kalteng pada umumnya, untuk turut andil berwirausaha agar mengangkat motif-motif (fashion) di daerahnya masing-masing.

Selain itu Komisi VII DPR RI merupakan mitra kerja dari Kementerian Perindustrian. Komisi VII dan Kementerian Perindustrian juga sepakat untuk memfasilitasi masyarakat melalui pelatihan dan seminar kewirausahaan. Melalui seminar dan pelatihan semacam ini dia berharap nantinya akan tumbuh wirausahawan muda yang tangguh, karena kegiatan ini juga akan diagendakan setiap tahun.

Ketua DPD Gerindra Kalteng ini juga menyebut bahwa pihaknya juga menggandeng Dinas Perindustrian di setiap daerah untuk turut serta memonitoring.

“Kita berharap mereka nanti dapat memonitoring kelompok masyarakat mana saja yang dapat dibina dan kita tumbuh kembangkan potensinya sehingga dapat memunculkan wirausahawan muda,” tuturnya.

Sementara itu Sekjen DPP Jaringan Indonesia Raya (Jari Raya) Queenyu Suyipto kepada para awak media menyampaikan bahwa, sesuai dengan bidangnya yang bergerak di industri perfilman pihaknya berupaya untuk mengekspos budaya Kalteng.

“Diantaranya fashion yang hari ini, bisa dibilang sudah banyak. Seperti Benang Bintik itu, yang nantinya akan di implementasikan dalam project film yang syuting filmnya di Kalteng.” ucapnya.

Adapun nantinya film yang berjudul “Asmara Loka” tersebut akan tayang dalam grand launching dalam waktu dekat. Untuk film tersebut akan mengangkat budaya Kalteng seperti seni tari hingga garmen (benang bintik).

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.