Percepat Difusi Teknologi, Dinas PMD Kalteng Gelar Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna 

oleh -133 Dilihat
oleh
Suasana pembukaan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalteng. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Pemprov Kalteng) melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalteng melaksanakan Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra (Pemkesra) Katma F. Dirun ini dilaksanakan di Meeting Room Kahayan 3, Swiss-Belhotel Danum Palangka Raya, Jum’at (10/3/2023).

 

“Adapun tujuan dari dilaksanakannya lomba inovasi TTG ini adalah sebagai ajang penyebaran infomasi dan atau uji tetap hasil inovasi atau pengembangan Teknologi Tepat Guna dari masyarakat dan atau instansi/lembaga pemerintah dan swasta dengan maksud untuk mempercepat penyampaian atau difusi teknologi spesifik lokasi kepada pengguna,” ujar Kepala Dinas PMD Kalteng, Aryawan dalam laporannya pada kegiatan tersebut.

 

Selain itu, Aryawan juga menyampaikan bahwa lomba TTG Tahun 2023 ini bertujuan untuk memfasilitasi setiap Individu maupun Posyantek baik Desa, Kelurahan, Kecamatan maupun Kabupaten yang ada di wilayah provinsi Kalimantan Tengah sebagai wadah masyarakat untuk menciptakan alat Teknologi Tepat Guna yang mempunyai nilai ekonomis dan keberlanjutan sumber daya alam yang ada di Desa.

 

“Juga untuk meningkatkan dan membangkitkan semangat untuk peduli perkembangan dengan teknologi, menumbuhkan kesadaran dan pemahaman terkait sumber daya terbarukan secara bermanfaat dan bertanggung jawab,” ungkapnya.

 

Sementara itu, untuk dewan juri kegiatan tersebut berasal dari Akademisi Fakultas Teknik Universitas Palangka Raya, Praktisi Teknologi Tepat Guna dan Koordinator P3MD Provinsi Kalteng.

 

Aryawan menyebut, lomba inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 diikuti peserta Pemenang pertama dari Lomba/Seleksi Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) baik perorangan maupun dari Posyantek yang telah menjadi Pemenang Pertama pada Lomba/Seleksi Inovasi TTG Tingkat Kabupaten/Kota, maupun penunjukan langsung yang ditetapkan melalui Keputusan Bupati/Walikota masing-masing.

 

Pemenang pertama Lomba Inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023 akan mewakili Provinsi Kalimantan Tengah pada Lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna (TTG) Tingkat Nasional Tahun 2023, dan dapat diikutsertakan pada Gelar Teknologi Tepat Guna Nusantara XXIV di Provinsi Lampung.

 

“Saat ini kabupaten yang mengirimkan peserta lomba adalah Kabupaten Barito Selatan, Kabupaten Kapuas, Kabupaten Kotawaringin Timur, Kabupaten Murung Raya, Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Seruyan,” terang Aryawan.

 

Diketahui, pemenang lomba Inovasi Teknologi Tepat Guna Tingkat Provinsi Kalimantan Tengahakan diberikan hadiah berupa Trophy, Piagam Penghargaan Gubernur Kalimantan Tengah dan uang pembinaan sebesar Rp. 15.000.000,- (Lima Belas Juta Rupiah) untuk juara 1, juara 2 sebesar Rp. 10.000.000,-

(Sepuluh Juta Rupiah) dan juara 3 sebesar Rp. 5.000.000,- (Lima Juta Rupiah).

 

Masih dilokasi yang sama Asisten Pemkesra Katma F. Dirun ketika dibincangi oleh sejumlah media usai membuka kegiatan lomba inovasi TTG Tingkat Provinsi Kalteng mengatakan bahwa pihaknya mendukung dan memberikan apresiasi atas dilaksanakannya lomba inovasi TTG 2023.

 

“Melalui lomba ini pemerintah memberikan ruang yang menjadikan stimulan untuk daya rangsang kepada masyarakat kita agar berinovasi dalam rangka membangun nilai-nilai tambah dari semua produk di setiap desa. Melalui lomba ini juga diharapkan ada pembaharuan dari hasil-hasil inovasi yang terdahulu, artinya ketika ada pembaharuan dari inovasi terdahulu maka berarti nilai tambah dari sebuah alat atau produk dalam upaya kita meningkatkan produktivitas itu juga meningkat.” pungkasnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.