Tingkatkan Ekonomi Desa, Plt Kadis PMD Kalteng Dorong Peningkatan Kegiatan BUMDes

oleh -129 Dilihat
oleh
Plt Kepala Dinas Provinsi Kalteng, Aryawan.

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Hadirnya Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) tentunya sangat berpengaruh pada peningkatan perekonomian, yang nantinya akan bermuara pada kesejahteraan masyarakat.

Terkait dengan hal itu, Plt. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalteng, Aryawan mengatakan pihaknya mendorong peningkatan kegiatan BUMDes.

“Kita mendorong BUMDes se- Kalteng, target kita nantinya BUMDes harus eksis. Dalam arti mereka dapat membantu pendapatan asli Desa, yang nantinya meningkatkan perekonomian Desa,” ucap Aryawan saat diwawancarai oleh sejumlah awak media pada Selasa (20/12/2022) Pagi.

Lanjutnya, untuk BUMDes-Bumdes yang belum berbadan hukum diharapkan agar dapat mengurus badan hukumnya masing-masing. Karena ketika BUMDes sudah berstatus badan hukum, maka mereka dapat membuat unit-unit usahanya.

Salah satu unit usaha yang dapat dibuat oleh BUMDes adalah usaha simpan pinjam. Kemudian, pihaknya juga mendorong peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) pengelola BUMDes melalui pelatihan.

“Itu yang akan mulai kita dorong ke BUMDes-BUMDes yang ada di Kalteng. Tentunya ini akan perlu upaya, perlu waktu dan tenaga. Tentunya jika kita bisa maksimalkan peran dari BUMDes-BUMdes itu sendiri, nantinya akan menjadi bagian dari upaya untuk mewujudkan pembangunan Kalteng yang semakin berkah.” tutupnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.