Pemanfaatan Sumber Daya Lokal dalam Program Restorasi Lahan untuk Kesejahteraan Bersama

oleh -15 Dilihat
oleh

Palangka Raya-Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah, melaksanakan kegiatan rapat koordinasi rehabilitasi lahan lingkup provinsi Kalimantan Tengah, di hotel Aquarius, Selasa 9 Juli 2024.

“Dalam hal ini kami melibatkan kawan-kawan dari DLH, kabupaten kota kemudian penyuluh dan kawan kawan KPH se-Kalimantan Tengah, dan harapan kita dalam RHL rakor ini kawan-kawan seluruh stek holder itu memahami bahwa, pentingnya rehabilitasi lahan ini,” ucap Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Tengah Agustan Saining.

Selain itu ini memang menjadi prioritaskan sesuai kewenangan, pada areal lain non kawasan hutan yang mana pada kali ini hadir pemberi materi baik dari pusat maupun dari kebumen, karena mereka berhasil mengembangkan produk-produk tanaman lokal yang bisa memberikan kontribusi ekonomi bagi masyarakat.

“Jadi harapan kita kedepan melalui RHL ini, hasil RHL ini bisa berdampak ekonomi masyarakat misalkan dalam kegiatan penanaman tanaman agropoheatri tanaman kehutanan, yang dipadukan dengan tanaman pertanian seperti di kebumen narasumber nya mereka berhasil mengembangkan tanaman, kelapa genzah dengan ketinggian yang tidak terlalu tapi hasilnya maksimal,”tambahnya.

Selain itu juga, pembuahan itu juga terus menerus sehingga memberikan dampak ekonomi masyarakat, dengan harapan di Kalimantan Tengah bisa seperti itu juga termasuk tanaman lainnya, itu hanya salah satu contoh.

“Kalau kita melihat RHL ini setiap tahunnya dilakukan di provinsi Kalimantan Tengah, dan memang cenderung luas dan kualitasnya itu lebih meningkat, akan tetapi ada beberapa lokasi-lokasi sudah apakah pengaruh dampak musim, ada yang sempat banjir kemudian pengaruh dengan pasang surut air laut, itu yang perlu kita perbaiki dan evaluasi,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.