Terjadinya hujan lokal, ini kata BMKG Palangka Raya

oleh -51 Dilihat
oleh

Palangka Raya-Sering terjadinya wilayah hujan yang hanya terjadi diwilayah tertentu, menjadi pertanyaan dari sebagian orang.

Menanggapi hal tersebut, Prakirawan Cuaca BMKG Palangka Raya Chandra Mukti Wijaya mengatakan, kenapa di wilayah tertentu terjadi hujan, namun wilayah lain justru tidak hujan kalau melihat dari cuaca lokal biasanya awan-awan hujan biasanya ada rentang besarnya.

“Awan komunimbus biasanya itu ada tumbuh biasanya ada yang besar, yang mana jangkauannya mencapai lima atau tujuh hingga 10 km lebih, jadi bisa jadi misalkan wilayah Pahandut hujan sedangkan disampingnya itu tidak hujan,”ucapnya, Rabu 3 januari 2024.

Kejadian ini biasanya disebut dengan hujan lokal, hujan yang terjadi di wilayah tertentu yang memang dalam cakupannya tidak luas, dan biasanya terjadi pada siang dan sore hari.

“Kenapa terjadi siang dan sore hari karena kemungkinan pada saat itu pemanasan yang sangat cukup kuat sekali, sehingga wilayah tersebut adanya penguapan dan menyebabkan hujan terjadi di wilayah tertentu saja, sehingga kita sebut dengan hujan lokal,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.