Generasi muda, tidak terlepas dari perkembangan teknologi digital

oleh -601 Dilihat
oleh

Palangka Raya-Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Kalimantan Tengah, melaksanakan kegiatan talkshow dan bedah buku kampanye kreatif ala generasi digital, di Aula Pusat Dakwah Muhammadiyah Kalteng, lantai dasar Masjid Darul Arqam, Komp. Perguruan Muhammadiyah, Selasa (26/12/2023).

Hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Penulis buku Muhammad Asary Akademisi pemerhati studi media Hakim Syah.

Ketua Pemuda Muhammadiyah Kalteng Yandi Novia mengatakan, terselenggaranya kegiatan pada hari ini, tentunya memanfaatkan dunia digital terlebih lagi melalui handphone supaya media sosial yang biasa diakses setiap hari, bisa bermanfaat.

“Pada era digital saat ini, media sosial merupakan salah satu media informasi yang sangat mudah dikonsumsi penggunanya, apalagi informasi yang berkenaan dengan fenomena atau kasus yang tengah hangat terjadi di masyarakat,”ucapnya.

Tentunya banyak Informasi yang banyak diterima meskipun belum tentu teruji kebenarannya. Hal tersebut diakibatkan oleh histeria masyarakat dalam menyikapi fenomena tertentu.

“Selain itu juga, media sosial juga menjadi salah satu langkah untuk meningkatkan personal branding dan memperkenalkan diri kepada masayarakat luas, karena pada dasarnya personal branding adalah cara seseorang menunjukkan dan mempromosikan citra diri sebagai individu, karenanya, penting bagi seseorang membangun personal branding untuk membantu perjalanan karirnya. Sebab dari personal branding-lah kamu akan lebih mudah mencapai tujuan yang kamu inginkan,”tambahnya.

Sementara itu, Penulis buku Muhammad Asary menambahkan, bahwa generasi digital adalah mereka yang tumbuh dalam kemudahan akses informasi digital dan teknologi informasi.

“Generasi yang lahir setelah tahun 2014 ini sangat dekat dengan perkembangan teknologi komputasi digital. Paparan terhadap teknologi ini menyebabkan mereka merasa nyaman dengan keberadaan teknologi, bahkan menjadikannya seperti kebutuhan primer,”lanjutnya.

Selain itu, paparan ini menjadikan generasi digital sebagai ahli dengan teknologi tersebut yang melebihi orang-orang dari generasi sebelumnya.

Generasi digital memiliki keunikan karena punya beberapa karakter dan sifat yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Beberapa hal yang melekat pada mereka, antara lain, menyukai kegiatan sosial, memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan, menyukai pekerjaan di perusahaan start-up, bisa mengerjakan beberapa pekerjaan dalam satu kesempatan (multitasking), sangat menyukai dan ahli dalam mengoperasikan teknologi, mudah terpengaruh produk,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.