Peran Strategis Tenaga Pendamping Profesional dalam Meningkatkan Efektivitas P3PD

oleh -489 Dilihat
oleh

PALANGKA RAYA-Kementrian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi RI menggelar kegiatan Peningkatan kapasitas tenaga pendamping profesional tahun anggaran 2023, Program penguatan pemerintah, dan pembangunan desa (P3PD)
yang diselenggarakan di hotel Royal Global Kalimantan Tengah, Selasa (21/11/2023).

Kepala Dinas PMD Provinsi Kalteng, H. Aryawan melalui, Kepala Bidang Kelembagaan, Perkembangan Desa dan Pelayanan Sosial Dasar Akhmad Suwandi mengatakan, bahwa program peningkatan kapasitas tenaga pendamping profesional biasanya dirancang untuk memperkuat pemerintahan dan pembangunan desa dengan beberapa cara, yakni dengan peningkatan keterampilan dan pengetahuan.

“Selain itu, melalui kegiatan ini diharapkan bisa mendapatkan pengetahuan dan keterampilan di luar teknis di dalam pedoman umum dan petunjuk teknis yang sudah di tetapkan oleh kementerian Desa Pembangunan Desa Tertinggal dan Transmigrasi,”ucapnya, Selasa (22/11/2023) malam.

Mereka juga diberikan pengetahuan, terkait pembangunan infrastruktur, program ini mungkin juga mencakup proyek infrastruktur untuk meningkatkan kualitas hidup di desa, ini bisa berarti membangun jalan, sekolah, atau fasilitas kesehatan.

“Pemberdayaan masyarakat, dengan membantu masyarakat desa untuk mengembangkan keterampilan dan pengetahuan mereka, sehingga mereka bisa menjadi lebih mandiri dan mampu membuat keputusan yang lebih baik untuk komunitas mereka,”tambahnya.

Tidak hanya itu, peningkatan tata kelola, dengan tenaga pendamping profesional yang lebih terampil, pemerintah desa mungkin dapat mengelola sumber daya dan proyek mereka dengan lebih efisien dan efektif.

“Tentu saja, detail spesifik tentang bagaimana program ini akan bekerja akan tergantung pada rencana dan tujuan yang ditetapkan oleh pemerintah,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.