Latihan SAR Kendaraan Bermotor: Upaya BASARNAS Palangka Raya Meningkatkan Kesiapsiagaan

oleh -551 Dilihat
oleh

Palangka Raya-Kantor Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) Palangka Raya melakukan Latihan SAR Satuan Kecelakaan Kendaraan Bermotor selama 3 hari tanggal 21 hingga 23 Nopember 2023.

Kegiatan ini dilaksanakan karena kota Palangka Raya merupakan area transit para pengguna jalan raya dari berbagai kota dan kabupaten baik yang berada dalam provinsi Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Barat. Hal ini menyebabkan wilayah Kalimantan Tengah merupakan salah satu wilayah yang cukup rawan terjadinya musibah kecelakaan khususnya kecelakaan kendaraan bermotor. Sehingga dinilai perlu untuk melaksanakan latihan guna peningkatan kesiapsiagaan, keterampilan dan kapasitas masing-masing personil penolong.

Dibuka secara resmi oleh Kepala Basarnas Palangka Raya AA. Alit Supartana pada Selasa (21/11) bertempat di Kantor Basarnas Palangka Raya Jl. Adonis Samad Palangka Raya.

“Harapan saya, melalui latihan ini dapat mengasah dan meningkatkan kapasistas kemampuan Tim penolong dalam menghadapi situasi operasi pencarian dan pertolongan yamg sesungguhnya, menguji standar operasional prosedur, fungsi koordinasi, manajemen posko, hingga tekhnik pertolongan terhadap orang tenggelam secara efektif, cepat, dan aman.” Ungkap Alit.

Peserta latihan berjumlah 22 orang yang terdiri dari pranata pencarian dan pertolongan (rescuer) dari Kantor Basarnas Palangka Raya, dan Instruktur yang berjumlah 3 orang yang berasal dari Basarnas Palangka Raya dan IOF Kota Palangka Raya.

Sebagai penutup Alit menyampaikan agar semua peserta mengikuti instruksi dari para instruktur. Agar ilmu yang diberikan dapat terserap dan diaplikasikan dengan baik. Jaga kesehatan untuk senantiasa fit hingga latihan ini selesai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.