Pra PON Catur Putra Zona Kalimantan dan Bali Resmi Dibuka Oleh Wagub Kalteng 

oleh -3657 Dilihat
oleh
Wagub Kalteng H. Edy Pratowo menjajal kemampuan Catur salah seorang peserta. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Event PRA PON Catur Putra Zona Kalimantan + Bali Tahun 2023 resmi dibuka, kegiatan pembukaan tersebut berlangsung di Aula Jayang Tingang (AJT) LT. II Kantor Gubernur Kalteng, Kamis (31/8/2023).

“Menjadi kebanggaan sekaligus kehormatan bagi kami, Provinsi Kalimantan Tengah mendapatkan kepercayaan sebagai tuan rumah penyelenggaraan event PRA PON ini, di mana telah berkumpul atlet-atlet catur putra terbaik dari berbagai Provinsi di wilayah Kalimantan dan Bali,” kata Wakil Gubernur Kalteng H. Edy Pratowo saat menyampaikan sambutan Gubernur Kalteng.

Wagub menyampaikan, pihaknya menyambut gembira kejuaraan tersebut, melalui event ini diharapkan dapat memberikan pengalaman bertanding berharga para atlet untuk semakin berprestasi dan sekaligus menggairahkan atau memasyarakatkan olahraga catur.

“PRA PON ini tentunya merupakan ajang yang bergengsi, karena akan menjadi jalan bagi para atlet untuk mendapatkan tiket berlaga di Pekan Olahraga Nasional atau PON XXI (ke-21) Tahun 2024, yang akan digelar di Provinsi Aceh dan Provinsi Sumatra Utara pada September tahun depan,” ungkapnya.

Wagub menyebut, selain meloloskan atlet catur putra ke PON Tahun 2024, event PRA PON ini nantinya akan melahirkan atlet-atlet catur berbakat yang mampu mengharumkan nama daerah lewat prestasi gemilang, baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Momentum kejuaraan Pra PON ini hendaknya dapat menjadi penyemangat untuk bersama-sama membangkitkan prestasi olahraga, terutama catur. Kuncinya adalah sinergi dan kolaborasi kuat seluruh stakeholders keolahragaan, dengan mengedepankan pembinaan sejak dini dan berkelanjutan,” jelasnya.

Lanjutnya Pra PON Catur Putra Zona Kalimantan dan Bali ini diharapkan dapat sekaligus menggerakkan perekonomian masyarakat, seperti pedagang kecil dan UKM, serta mempromosikan tempat wisata dan kuliner khas Kalimantan Tengah, khususnya di Kota Palangka Raya.

“Kepada seluruh atlet catur, saya ucapkan Selamat Bertanding. Selalu fokus dan keluarkan segala kemampuan untuk meraih prestasi terbaik. Kemudian juga, selamat bertugas kepada para panitia, wasit, dan ofisial pertandingan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Agustan Saining mengatakan berpesan kepada seluruh peserta agar menjunjung tinggi semangat sportivitas.

“Jadikan event ini bukan hanya sebagai ajang kompetisi, namun juga wadah silaturahmi dan solidaritas dengan saudara-saudara kita sebangsa dan setanah air dari wilayah Kalimantan dan Bali,” tegasnya.

Sebagai informasi, jumlah kontingen dan peserta : 1. Pra-PON Catur Putra Zona Kalimantan + Bali dikuti oleh enam (6) Provinsi yaitu Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Kaliman Barat dan Kalimantan Tengah sebagai tuan rumah dengan rincian sebagai berikut:

Provinsi Bali = 8 orang

Provinsi Kalimantan Selatan berjumlah 19 orang.

Provinsi Kalimantan Timur berjumlah 12 orang.

Provinsi Kalimantan Utara berjumlah 8 orang.

Provinsi Kalimantan Barat berjumlah 8 orang.

Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 8 orang.

Total Kontingen = 63 orang

“Selamat bertanding saudara-saudaraku yang sakti dari pulau Borneo dan Pulau Dewata, hanya saudara yang bisa mengangkat, menggeser kuda dan benteng dengan 3 jari,” tuturnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.