H. Mukhtarudin: Tanggung Jawab Moral Kita Agar Generasi Muda Kalteng Punya SDM Kompetitif

oleh -530 Dilihat
oleh
Anggota DPR RI Komisi VII, H. Mukhtarudin. 

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Generasi muda di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) diharapkan mempunyai sumber daya manusia (SDM) yang andal dan kompetitif. Hal tersebut tentunya menjadi tanggung jawab moral semua pihak khususnya stakeholder terkait.

Hal tersebut disampaikan oleh anggota DPR RI Komisi VII, H. Mukhtarudin usai membuka kegiatan Pelatihan Pembuatan Karya Ilmiah bagi Mahasiswa yang diikuti sebanyak 200 orang peserta dari kampus UPR dan UMPR. Kegiatan tersebut diselenggarakan di Hotel Bahalap, Palangka Raya pada Jum’at (25/8/2023).

“Generasi muda sekarang nantinya akan menentukan bonus demografi, apakah mendatangkan manfaat atau justru sebaliknya. Mereka juga yang akan mengisi IKN Kalimantan, sehingga orang-orang Kalteng harus unggul dan kompetitif agar bisa bersaing dimasa yang akan datang,” ucap anggota DPR RI dari Partai Golkar tersebut.

Sehingga pihaknya bersama dengan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) kembali menyelenggarakan kegiatan peningkatan SDM untuk Mahasiswa. Berupa Pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah yang merupakan program kolaborasi dan aspirasi.

Tujuannya yakni memaksimalkan peningkatan SDM mahasiswa, agar bisa memahami secara metodologis karya tulis ilmiah baik itu dalam bentuk makalah, penelitian hingga tugas akhir.

“Saya arahkan melalui kegiatan ini untuk mempersiapkan generasi muda di Kalteng agar unggul secara komparatif dan kompetitif, dalam mengahadapi persaingan puncak bonus demografi 2030 hingga 2035. Kita berharap nantinya ini menjadi sebuah kekuatan agar, jangan sampai menjadi beban. Untuk memajukan bangsa, dalam rangka memberikan manfaat untuk pembangunan,” ucapnya.

Adapun kuncinya yakni SDM yang memasuki usia produktif harus dipersiapkan, apalagi bonus demografi hanya terjadi dalam satu dekade. Hal ini tentunya menjadi bagian dari ikhtiar untuk mempersiapkan khususnya SDM di Kalteng, serta yang paling penting adalah untuk menghadapi IKN di Kalimantan. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.