Profesor Dr. Bulkani, M.Pd Resmi Dikukuhkan Sebagai Guru Besar Pertama UMPR

oleh -829 Dilihat
oleh
Foto bersama usai pengukuhan Profesor Dr. Bulkani, M.Pd sebagai Guru Besar Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. (Istimewa)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) menggelar pengukuhan Profesor Dr. Bulkani, M.Pd sebagai Guru Besar. Adapun kegiatan dilaksanakan bertempat di Ballroom Hotel Bahalap, Palangka Raya pada Rabu (14/6/2023).

Dalam sambutannya mewakili Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Wakil Gubernur Edy Pratowo menyampaikan bahwa, pencapaian Guru Besar tentunya menjadi kebanggaan tersendiri, karena perlu perjuangan yang tidak mudah untuk meraihnya.

‘Tersemat juga tanggung jawab akademik yang semakin berat di pundak para guru besar, dengan integritas yang tinggi, menjadi teladan untuk terus produktif berkarya dan berinovasi sesuai bidang keahliannya, demi mendukung kemajuan Universitas dan juga kemajuan daerah,” ucap Edy.

Lanjutnya, pengukuhan Guru Besar tersebut tentunya disambut gembira, sekaligus menggelorakan semangat dan optimisme besar, terutama bagi Civitas Akademika Universitas Muhammadiyah Palangka Raya, untuk terus berupaya memajukan kualitas pendidikannya, sehingga mampu berkontribusi dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) Kalteng yang unggul dan berdaya saing tinggi.

Sementara itu Rektor UMPR, H. Muhammad Yusuf menyampaikan bahwa, Profesor Bulkani merupakan Guru Besar murni yang dimiliki oleh UMPR.

“Disebut Guru Besar murni, karena semenjak berkarir dimulai dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya. Target kita kedepannya ada beberapa lagi Guru Besar, Insya Allah sekitar 2 Tahun kedepan akan ada 5 Guru Besar,” ucapnya.

Lanjutnya, ini merupakan tuntutan penyelenggaraan program-program studi yang ada di UMPR yang mengharuskan dosen-dosen dengan kualifikasi memadai. Adapun Guru Besar bukan tentang berapa lama seorang dosen mengabdi di Kampus namun, seberapa produktif aktivitasnya.

Produktifitas yang dimaksud bukan hanya di dalam kampus namun, juga di luar kampus. Juga termasuk penulisan artikel hingga penulisan opini di media-media juga merupakan bagian dari produktifitas yang dimaksud.

Sementara itu, Profesor Bulkani menyampaikan dengan bertambahnya Guru Besar di UMPR harapannya dapat memotivasi yang lainnya.

“Apalagi mereka yang masih muda, agar terus meningkatkan jabatan akademiknya agar sampai menjadi seorang Profesor. Saya juga ingin memotivasi mereka yang muda-muda agar terus berkarya dan berprestasi,” tuturnya.

Dia juga berterima kasih kepada semua pihak yang telah berkerja sama dan turut membantu sehingga, dirinya telah dikukuhkan sebagai Guru Besar di UMPR. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.