Optimalisasi Pembangunan Kehutanan, Dishut Provinsi Kalteng Gelar Rakornis Tahun 2023

oleh -86 Dilihat
oleh
Suasana pembukaan Rakornis Kehutanan Provinsi Kalteng Tahun 2023. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) menggelar kegiatan Rapat Koordinasi Teknis (Rakornis) Kehutanan se- Kalteng Tahun 2023. Adapun kegiatan bertempat di Ballroom Hotel Aquarius, Palangka Raya pada Senin (12/6/2023) Pagi.

Dalam laporannya, Plt Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng HM. Agustan Saining menyampaikan, sesuai dengan tema kegiatan “Optimalisasi Kinerja Pembangunan Kehutanan Daerah Dalam Rangka Implementasi Folu Net Sink 2030” yang menyelaraskan kebijakan pusat dan daerah.

“Yang mana sesuai dengan RPJMD Kalteng yang yakni dengan Kalteng Berkah. Serta terkait dengan mitigasi-mitigasi perubahan iklim, termasuk rehabilitasi lahan dan wilayah DAS,” ucap Agustan.

Lanjutnya, yang yang kalah penting adalah bagaimana sinkronisasi antara sektor Kehutanan dan juga ketahanan pangan. Sehingga kegiatan ini tentunya sangat penting, dalam rangka pembahasan tentang Dana Bagi Hasil – Dana Reboisasi (DBH-DR) kehutanan di Provinsi Kalteng.

Sementara itu, dalam sambutannya Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng H. Nuryakin dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan pihaknya menyambut baik adanya Rakornis ini.

“Program-program ini tentunya dalam rangka membangun koordinasi dan sinergi antara Pemerintah Pusat dan Daerah, khususnya dalam pembangunan Kehutanan Daerah,” ucap Sekda.

Lanjutnya, ini juga selaras antara kebijakan Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, dalam rangka penurunan emisi gas rumah kaca. Sehingga dia berharap melalui kegiatan ini, para stakeholder terkait yang mengikuti rakornis dapat menghasilkan keputusan sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

Adapun pembangunan kehutanan daerah, dapat dilakukan melalui pengelolaan hutan dan penanaman lahan kritis. Serta pihaknya juga mendukung daerah-daerah penyangga ketahanan pangan, mengingat Provinsi Kalteng memiliki lahan yang luas. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.