DPD Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI) Kalteng Akan Gelar Musda I. Ini Tanggalnya

oleh -251 Dilihat
oleh
Sejumlah Kades yang tergabung dalam APDESI, berfoto bersama usai konferensi pers. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Dewan Pimpinan Daerah Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (DPD APDESI) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan menggelar Musyawarah Daerah (Musda) I.

Hal tersebut disampaikan oleh Plt. Ketua DPD APDESI Kalteng, Seger Satria, S.IP. dalam konferensi pers yang dilaksanakan di Kampung Lauk, Palangka Raya pada Senin (29/5/2023).

“Musda I DPD APDESI ini pertama kali dilaksanakan di Provinsi Kalteng, mengingat Ketua yang terdahulu belum melaksanakannya, sehingga ini adalah moment yang baik bagi DPC-DPC APDESI se- Kalteng,” ucapnya.

Lanjutnya persiapan kegiatan Musda sudah mencapai 95 persen. Adapun kegiatan pembukaan akan dilaksanakan pada hari Rabu, 31 Mei 2023 bertempat di hotel Aurelia, Jalan Adonis Samad, Palangka Raya.

“Harapannya kegiatan ini dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta terpilih pengurus yang definitif. Tentunya kita berkomitmen untuk membangun Kalteng dan membangun dari Desa untuk Indonesia,” tuturnya.

Selain itu pelaksanaan Musda tersebut juga sangat penting untuk membangun dan menyuarakan aspirasi masyarakat melalui Desa, juga pihaknya tentu siap bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Daerah.

Untuk saat ini kepengurusan DPC APDESI yang ada di Kalteng, ada yang definitif dan sebagian ada yang masih menggunakan (pelaksana tugas) Plt, sehingga melalui Musda ini diharapkan, menjadi momentum untuk bisa menata kembali kepengurusan APDESI mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten hingga ke Desa-desa.

Sementara itu, Ketua panitia Musda I DPD APDESI Kalteng Yusuf Roni, S.Pd. mengatakan, bahwa kegiatan pembukaan tersebut rencananya akan dihadiri oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP APDESI, H. Ana Karmana dan juga Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Provinsi Kalteng, Aryawan.

“Musda ini tentunya sangat penting. Mengingat sejak 2013 belum pernah dilaksanakan Musda DPD APDESI Kalteng. Dalam Musda ini akan hadir 12 DPC APDESI se- Kalteng yang akan diwakili oleh 3 orang delegasi dari masing-masing DPC, sedangkan sisanya adalah peninjau,” ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris Panitia Musda I, H. Moju Betti Suheru menambahkan bahwa, pihaknya butuh wadah untuk komunikasi dan konsolidasi, sebagai sesama Kepala Desa.

“Sehingga keberadaan APDESI ini sangat penting bagi kami. Tentunya kami sangat mendukung pelaksanaan kegiatan Musda I ini. Semoga acara ini berjalan dengan lancar,” terangnya.

Oleh karena itu melalui Musda I, harapannya kepengurusan DPD APDESI Kalteng definitif bisa terbentuk, sehingga nantinya dari DPC-DPC APDESI yang ada di masing-masing Kabupaten di Kalteng dapat menggelar Musyawarah Cabang (Muscab) dan membentuk kepengurusan yang definitif. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.