Pemko Palangka Raya Sosialisasikan Pencegahan Karhutla dan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar 

oleh -622 Dilihat
oleh
Suasana kegiatan sosialisasi cegah karhutla dan pembukaan lahan tanpa bakar (PLTB). (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Pemerintah Kota Palangka Raya melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) menggelar kegiatan Sosialisasi Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) sekaligus Sosialiasi Pelatihan Pembukaan Lahan Tanpa Bakar (PLTB).

Adapun kegiatan yang diikuti oleh puluhan peserta tersebut dilaksanakan bertempat di Hotel Batu Suli, Jalan Raden Saleh Palangka Raya, pada Selasa (9/5/2023) Pagi.

Dalam laporannya, Kepala DLH Kota Palangka Raya Achmad Zaini menyampaikan sosialisasi pencegahan karhutla dan sosialisasi pembukaan lahan tanpa bakar, secara tugas dan fungsi terbagi menjadi dua yakni untuk pencegahan karhutla oleh DLH Palangka Raya dan untuk penanggulangan Karhutla dilaksanakan oleh BPBD Palangka Raya.

“Kita tentunya bersiap siaga jelang musim kemarau, sehingga kegiatan ini kita laksanakan sebagai upaya pencegahan dini sebelum terjadinya bencana Karhutla khususnya di Palangka Raya,” ucapnya.

Selain sosialisasi pencegahan Karhutla, pihaknya juga mensosialisasikan untuk pembukaan lahan tanpa bakar kepada masyarakat, sehingga diundang perwakilan masyarakat dari 5 Kecamatan sebanyak 80 orang mulai dari relawan, masyarakat, kelompok tani, perwakilan Pemerintahan Kecamatan dan Kelurahan, diharapkan agar terlibat langsung dalam menjaga terjadinya potensi Karhutla.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palangka Raya Hera Nugrahayu dalam sambutannya sekaligus membuka acara menyampaikan kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya, dalam rangka menjaga kota Palangka Raya.

“Kegiatan ini penting karena merupakan program yang dijalankan oleh Pemerintah Kota Palangka Raya. Apalagi bencana Karhutla yang setiap tahun bisa saja terjadi, sehingga perlu peran dari kita semuanya,” ucap Sekda.

Selain itu, yang tak kalah penting juga adalah persoalan lingkungan yang berkaitan kebencanaan, termasuk juga pada pelayanan dasar. Sehingga dalam kegiatan ini juga bertujuan sebagai mitigasi bencana, yang mulai dari perencanaan, pelatihan dan hal lainnya. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.