Komplotan Pencuri Sawit di PT SHS Akhirnya Diringkus Polisi

oleh -92 Dilihat
oleh
Suasana pers rilis pengungkapan tindak pidana pencurian sawit. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Kepolisian Daerah Polda Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar pers rilis pengungkapan tindak pidana pencurian sawit dan tindak pidana penghadangan anggota Polres Lamandau yang sedang melaksanakan tugas.

Adapun pers rilis tersebut dipimpin oleh Direktur Ditreskrimum Polda Kalteng, Kombes Pol. Faisal F. Napitupulu, dalam pers rilis yang dilaksanakan di Aula Ditreskrimum setempat, Palangka Raya pada Rabu (1/3/2023) Pagi.

Adapun kronologis kejadian yakni pada tanggal 24 Januari 2023 sekitar pukul 06.30 wib, di estate Beringin blok 1/6 Afdeling golf PT. Satria Hupasarana (SHS), Desa Bukit Raya, Kecamatan Menthobi Raya, Kabupaten Lamandau diketahui jika pelaku berinisial P, JS, MT dan M sedang melakukan pencurian buah kelapa sawit.

“Beradasarkan keterangan tersebut petugas keamanan PT SHS bersama-sama petugas Kepolisian Polres Lamandau melakukan penangkapan terhadap terhadap para pelaku, sedangkan 2 (dua) orang tersangka lainnya melarikan diri, selanjutnya keduanya dibawa ke polres lamandau untuk dillakukan proses penyidikan,” ucap Faisal.

Lanjutnya, pada tanggal 25 januari 2023 penyidik Polres Lamandau mendapatkan informasi keberadaan tersangka MT dan langsung dilakukan penangkapan untuk dilakukan proses penyidikan, sedangkan tersangka M sampai saat ini masih buron dan telah diterbitkan DPO (daftar pencarian orang).

Sementara itu berdasarkan hasil pemeriksaan para tersangka yang menyuruh melakukan pencurian kelapa sawit adalah pria berinisial R berdasarkan keterangan tersebut pada tanggal 26 januari 2023 petugas melakukan penangkapan terhadap R karena diduga sebagai orang yang menyuruh melakukan pencurian atau otak dari pencurian tersebut.

Adapun barang bukti yang berhasil diamankan dari para pelaku diantaranya 1 buah egreg, 1 buah angkong, 1 unit mobil toyota hilux, 1 buah kapak, 1 unit sepeda motor honda supra x 125 cc warna hitam/merah, 94 janjang buah kelapa sawit sebera 1.431kg

Adapun untuk tersangka P, JS, MT disangkakan pasal 363 ayat 1 ke 4 KUHPidana (pencurian yang dilakukan oleh dua orang bersama- sama atau lebih diancam hukuman penjara selama- lamanya 7 tahun). Sedangkan untuk tersangka R disangkakan pasal 363 ayat 1 ke 4 jo pasal 55, 56 KUHPidana (pencurian yang dilakukan oleh dua orang bersama- sama atau lebih yang menyuruh melakukan diancam hukuman penjara sama dengan pelaku selama-lamanya 7 tahun).

Selain itu pihaknya juga mengimbau kepada tersangka lainnya yakni PJ dan D, yang merupakan DPO pelaku penghadangan petugas agar segera menyerahkan diri ke kantor Kepolisian terdekat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.