Kemenhub RI Sosialisasikan SIPENCATAR di Palangka Raya

oleh -95 Dilihat
oleh
Suasana sosialisasi SIPENCATAR di kota Palangka Raya. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Ratusan siswa-siswi SMA, SMK se-Kota Palangka Raya mengikuti Sosialisasi Seleksi Penerimaan Calon Taruna Taruni (SIPENCATAR) pada Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2023/2024 untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kegiatan yang di buka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Setda Kalteng, Katma F. Dirun ini dilaksanakan di Swiss-Belhotel Danum, Palangka Raya, Senin (27/2/2023).

Direktur Politeknik Penerbangan (Poltekbang) Surabaya M. Andra Aditiyawarman dalam sambutannya pada kegiatan tersebut mengatakan bahwa sosialisasi ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas diri serta meraih kompetensi.

Selain itu, pihaknya juga berharap siswa siswi dapat berperan dalam membangun transportasi Indonesia khususnya di Kalteng.

“Dalam kesempatan yang luar biasa ini kami berharap kalian (Siswa/Siswi) dapat mengikuti sosialisasi ini dengan serius dan jika ada pertanyaan nanti silahkan ditanyakan ke narasumber yang memberikan materi,” kata Andra

Sementara itu, Asisten Pemkesra Katma F. Dirun menyampaikan Provinsi Kalimantan Tengah kembali ditunjuk sebagai tempat Sosialisasi Terpadu Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan yang merupakan agenda rutin tahunan, dengan tujuan sebagai pengenalan Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan, baik Sekolah Tinggi Perhubungan Darat, Perhubungan Laut, dan Perhubungan Udara.

“Seperti kita ketahui bersama, Kementerian Perhubungan memiliki 26 Sekolah Kedinasan yang terdiri dari Matra Darat sebanyak 6 sekolah, Matra Laut sebanyak 12 sekolah, Matra Udara sebanyak 8 sekolah, dengan total 48 Jurusan yang tersebar di seluruh Indonesia, dari Sabang sampai Merauke,” katanya.

Katma menyebut, Proses pendidikan merupakan pilar penting dalam pembangunan karakter dan budaya pada masyarakat. Pendidikan telah membukakan mata dan kesadaran untuk membangun sebuah negeri. Sebuah negara yang berakar pada adat dan budaya yang beragam.

“Dengan dilaksanakannya Sosialisasi ini, saya berharap segala informasi penting tentang pendidikan yang ada di Kementerian Perhubungan dapat tersampaikan kepada kita semua, sehingga dapat meningkatkan daya tarik terhadap sekolah-sekolah kedinasan, yang pada akhirnya menarik minat putra/putri terbaik Kalimantan Tengah untuk menempuh pendidikan di sekolah-sekolah dimaksud,” ungkapnya.

Tahun lalu hasil Seleksi Penerimaan Calon Taruna/Taruni pada Sekolah Tinggi Kementerian Perhubungan Tahun Akademik 2022/2023 untuk wilayah Provinsi Kalimantan Tengah berjumlah 12 orang, yang tersebar di hampir seluruh Perguruan Tinggi Kementerian Perhubungan.

“Pada penerimaan kali ini, Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan melakukan Kerja Sama (PKS) dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD melalui jalur Pola Pembibitan. Saat ini sudah ada 4 Kabupaten yang telah melaksanakan PKS dengan Politeknik Transportasi Darat Indonesia-STTD, yaitu: Kabupaten Kotawaringin Timur, Kotawaringin Barat, Lamandau, dan Sukamara,” kata Katma.

Masih dilokasi yang sama, Kepala Dinas Perhubungan Kalteng Yulindra Dedy ketika dibincangi oleh sejumlah media usai kegiatan tersebut mengatakan bahwa pihaknya pada kesempatan tersebut ingin mensosialisasikan kegiatan tersebut secara komprehensif kepada setiap siswa siswi yang mengikuti kegiatan itu.

“Teruntuk anak-anak SMA/SMK agar mempersiapkan dirinya untuk mengikuti tes SIPENCATAR, agar nanti semakin banyak anak didik kita yang masuk sekolah kedinasan Kementerian Perhubungan.
Untuk di Kalteng kouta umunya tidak ada batasan, karena nantinya akan disandingkan lagi dengan provinsi yang lain. Tapi kalau memang ada kerja sama dengan Sekolah Kedinasan Kementerian Perhubungan antara Pemerintah Kabupaten itu nanti akan ada koutanya.” tutupnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.