Disbun Kalteng Berencana Optimalkan Perkebunan Kakao Melalui Agrowisata

oleh -88 Dilihat
oleh
Plt. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalteng, H. Rizky R. Badjuri.

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) berencana akan mengoptimalkan Perkebunan Kakao untuk menjadi salah satu tempat agrowisata.

Hal tersebut diungkapkan oleh Plt. Kepala Disbun Provinsi Kalteng, H. Rizky R. Badjuri saat diwawancarai oleh sejumlah awak media, di kantornya Jalan Jenderal Sudirman, Palangka Raya pada Senin (6/2/2023).

“Kebun Kakao ini memiliki potensi untuk dijadikan sebagai tempat agrowisata. Untuk lokasinya kita bisa lihat salah satunya di daerah Pundu (Kotim), dimana disana ada kebun milik Provinsi Kalteng dengan luas sekitar 98 hektar,” ucap Rizky.

Lanjutnya, di kebun tersebut tidak hanya ada kebun Kakao saja, namun ada juga kebun kopi, karet hingga kelapa sawit.

“Harapannya nanti akan ada sinergi dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata dalam mengoptimalkan kunjungan bagi masyarakat yang ingin tahu tentang perkebunan kakao, mulai memetik atau memanen.” ujar Rizky.

Sebagai salah satu contoh agrowisata yang dimaksud, pihak Disbun Kalteng sebelumnya juga telah melakukan kerjasama dengan mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) dimana dijelaskan tentang bagaimana cara memanen sawit, dan proses lainnya sampai sawit siap untuk dijual.

Selain itu juga, telah bekerjasama dengan pihak mahasiswa dari UMP, UPR jadi mereka kesana terkait untuk bagaimana cara panen sawit, hingga dibawa untuk dijual. Sehingga pihaknya berharap agar nantinya kebun kakao di Pundu, juga dapat menjadi salah satu tempat outbound karena tempat tersebut dinilai bagus sebagai tempat agrowisata. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.