Pemprov Kalteng Lakukan Berbagai Upaya Antisipasi Potensi Karhutla

oleh -110 Dilihat
oleh
Plt. Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Kalteng Agustan Saining.

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kehutanan (Dishut) Kalteng terus melakukan berbagai upaya dalam mengantisipasi Karhutla. Hal tersebut disampaikan oleh Plt Kepala Dinas Kehutanan Kalteng, Agustan Saining.

“Di 18 KPH sudah ada posko siaga dan untuk tahun ini dari dana DBH-DR disediakan dana 83 miliar untuk antisipasi karhutla. Kemudian setelah mengikuti rapat dengan Menko Polhukam dan Mentri LHK kemarin kita dibantu 3 unit pesawat water boombing dengan 2 helikopter patroli,” kata Plt Kepala Dinas Kehutanan Agustan Saining ketika diwawancarai oleh sejumlah awak media di Palangka Raya, (26/1/2023).

Berdasarkan data dari BMKG sebut Agustan, Kalteng merupakan termasuk daerah yang paling rawan terjadi karhutla.

“Kira-kira mulai pada bulan Maret sudah mulai agak kelihatan musim kemarau, makanya kita di bulan Februari nanti akan melaksanakan rakor se-Kalteng dalam rangka darurat siaga karhutla.” ungkapnya.

Lanjut Agustan, ada sejumlah wilayah yang menjadi fokus perhatian dalam rangka antisipasi potensi karhutla diantaranya Kabupaten Kapuas, Pulang Pisau dan Kotawaringin Barat. Oleh karenanya dia berharap peran para stakeholder terkait dan juga masyarakat agar dapat meminimalisir potensi terjadinya karhutla di Provinsi Kalteng. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.