Kader Gerdayak Indonesia Hadiri Upacara Memperingati Hari Infanteri ke- 74

oleh -152 Dilihat
oleh
Para kader Gerdayak Indonesia saat mengikuti upacara Hari Infanteri ke- 74. (RIF)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Para kader Gerakan Pemuda Dayak Indonesia menghadiri Upacara Peringatan Hari Infanteri yang ke- 74 Tahun, bertempat di Makorem 102/Pjg, Jalan Imam Bonjol, Palangka Raya pada Senin (19/12/2022) Pagi.

Dalam amanatnya Komandan Pussenif, Letjen TNI Arif Rahman, M. A. yang dibacakan oleh Komandan Korem (Danrem) 102/Pjg, Brigjen TNI Yudianto Putrajaya, S.E., M.M. menyampaikan ucapan dan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada prajurit Korps Infanteri dimanapun berada dan bertugas.

“Sehingga atas pengabdian dan pengorbanan sampai dengan saat ini, mampu mengharumkan nama baik Korps Infanteri dalam rangka mendukung tugas pokok TNI Angkatan Darat,” ucap Danrem.

Lanjutnya latar belakang historis lahirnya Hari Infanteri tidak terlepas dari keberhasilan perang gerilya di bawah komando Panglima Besar Jenderal Sudirman, Berdasarkan Keputusan Panglima Besar Jenderal Sudirman yang tertuang dalam perintah kilat No. 1/PB/D/48 Tanggal 19 Desember 1948, Perang Gerilya dilaksanakan oleh angkatan perang yang didukung penuh oleh rakyat ditiap-tiap kantong perlawanan (Wehrkreise).

Panglima Besar Jenderal Sudirman memimpin langsung para pejuang saat melawan Belanda dengan menggunakan senjata tradisional dan terbatas. Para pejuang mampu mengatasi tentara Belanda yang memiliki senjata modern.

“Dari peristiwa tersebut, kita bisa mengambil nilai-nilai berupa jiwa nasionalisme cinta tanah air, rela berjuang, pantang menyerah dan manunggal dengan rakyat. Nilai-nilai tersebut harus selalu terpatri dalam jiwa dan sikap serta perilaku prajurit Korps Infanteri.” tegas Danrem.

Oleh karena itu kepada seluruh prajurit Korps Infanteri diinstruksikan agar mampu menjadi pelopor dalam mengatasi kesulitan rakyat di sekitarnya. Sesuai dengan tema Hari Infanteri yang ke- 74 yakni “Infanteri yang Modern dan Selalu di Hati Rakyat”, adalah sangat tepat dan patut dijadikan pedoman dan arah bagi prajurit Korps Infanteri dalam mengemban tugas dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua Umum Gerdayak Indonesia, Yansen A. Binti saat diwawancarai, menyampaikan ucapan selamat Hari Infanteri yang ke- 74 Tahun.

“Dengan memperingati Hari Infanteri yang ke- 74, diharapkan TNI akan semakin jaya serta selalu dihati rakyat.” ucapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.