Penyuluhan Kesehatan Dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim Kepada Warga Binaan Lapas Sampit

oleh -47 Dilihat
oleh

SAMPIT – Dalam rangka menyambut Hari Bhakti Pemasyarakatan ke-60 Tahun 2024, Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Sampit bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim melaksanakan kegiatan “Pemasyarakatan Sehat” melalui penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lapas Kelas IIB Sampit. Rabu, (17-04-2024).

Kegiatan dihadiri oleh Kepala Lapas (Kalapas) Sampit, Meldy Putera, didampingi Ka.KPL. Erikjon Sitohang, Ka.Subbag Tata Usaha Edi Hartono, dan Kaur Umum Sustetiana, sedangkan dari pihak Dinas Kesehatan Kabupaten Kotim dihadiri oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, dr. Noorliyana, beserta tim.

Membuka kegiatan Kalapas Sampit memberikan sambutan. Dalam sambutanya Kalapas mengucapkan terima kasih kepada pihak Dinas Kesehatan Kab.Kotim yang berkenan meluangkan waktu dan tenaga untuk memberikan penyuluhan tentang kesehatan kepada warga binaan. kemudian beliau juga mengatakan kepada WBP yang mengikuti penyuluhan untuk benar benar memperhatikan apa yang akan disampaikan oleh penyuluh dan tetap tertib selama kegiatan berlangsung.

Kegiatan dilanjutkan dengan penyuluhan informasi kesehatan dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) oleh Pengelola Program dan Kegiatan Tenaga Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku Dinas Kesehatan Kab.Kotim, Agustina Maulida, S.KM kepada warga binaan yang telah berkumpul di lapangan dalam Lapas Sampit.

Maulida menyampaikan bahwa kesehatan merupakan suatu hal yang sangat vital untuk setiap manusia, apalagi manusia-manusia yang sedang menjalankan pembinaan di Lapas atau Rutan yang notabene sangat berhimpit-himpitan dalam kesehariannya. Oleh karena itu ia menjelaskan beberapa indikator PHBS di Lapas yaitu menjaga kebersihan diri dan lingkungan, rajin beraktivitas fisik, selalu menggunakan air bersih, tidak merokok di dalam ruangan tertutup ataupun ber AC, mengkonsumsi makanan yang bergizi, menggunakan jamban/toilet yang sehat serta memilah sampah Organik dan Non Organik.

Penyuluhan Kemudian di lanjutkan oleh dr. Noorliyana, ia menyampaikan Efek yang di timbulkan bagi pengguna Narkoba/Sabu-sabu, “Orang yang menggunakan Narkotika itu efeknya sangat berbahaya bagi tubuh, salah satunya yaitu Jadi sering lupa/hilang ingatan, karena narkoba dapat meningkatkan aktifitas otak lebih cepat dari fungsi otak yang seharusnya sehingga hal tersebut dapat menyebabkan stres bahkan Gila”.

Kegiatan penyuluhan kemudian di akhiri oleh Muhammad Ridho,S.KM selaku Pengelola Program dan Kegiatan Dinas Kesehatan Kab. Kotim “Harapan kami para WBP dapat menjalankan hal-hal yang sudah kami sampaikan, karena sehat itu sangat penting” tutupnya.

Kalapas Sampit, Meldy Putera berharap dengan diadakannya penyuluhan ini, para warga binaan dapat menerapkan hal-hal yang telah disampaikan oleh Tim Dinas Kesehatan, “Saya sangat berterimakasih atas diadakannya penyuluhan ini, saya harap para warga binaan dapat lebih memperhatikan kesehatan serta kebersihan selama mereka menjalani masa pidana di Lapas Sampit maupun pada saat bebas nanti, karena Sehat Itu Adalah Harta”. tutur Meldy.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.