Plt. Kadisdik Kalteng Dampingi Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng Saat Penyaluran Sembako

oleh -74 Dilihat
oleh

Suarakalimantanmembangun.com,Palangka Raya – Plt. Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), Muhammad Reza Prabowo hadiri kegiatan Penyaluran Sembako Untuk Mahasiswa Perantauan di Kalteng, Sabtu (24/2/2024).

Penyaluran Sembako ini diserahkan secara simbolis oleh gubernur Kalteng yang diwakili oleh Ketua Tim Penggerak dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Provinsi Kalteng, ivo sugianto sabran. Ivo Sugianto Sabran secara simbolis menyerahkan kepada perwakilan mahasiswa perantauan di dua titik, yakni di asrama mahasiswa Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) dan asrama mahasiswa Murung Raya di Jalan B Koetin, Palangka Raya.

Pada kesempatan tersebut, seusai kegiatan kepada awak media, Plt. Kadisdik Kalteng, M. Reza Prabowo menyampaikan bahwa hari ini Pemprov Kalteng telah sukses melaksanakan penyaluran bantuan sosial dalam bentuk paket sembako untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa perantauan. Sebanyak 2.000 paket sembako telah dialokasikan untuk bulan ini, dengan penyalurannya diserahkan kepada masing-masing Himpunan Mahasiswa (HIMA) di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah, serta dari daerah-daerah lain yang memiliki HIMA di Palangka Raya.

Reza menambahkan, langkah ini diambil sebagai upaya untuk meringankan beban para mahasiswa perantauan yang terdampak oleh kondisi ekonomi saat ini. Tidak hanya memperhatikan mahasiswa di Kota Palangka Raya, namun bantuan juga diperluas kepada HIMA di luar Kalimantan Tengah, termasuk HIMA di Sumatera Utara, Papua, Nias, Sumatera Bagian Selatan, Sumatera Bagian Utara, Sulawesi, dan daerah Indonesia Timur.

“Alhamdulillah hari ini kita telah melaksanakan penyaluran bantuan sosial dalam bentuk sembako, untuk seluruh mahasiswa perantauan, kan jumlahnya banyak sekali tetapi tentu disesuaikan dengan kemampuan pemerintah, untuk di bulan ini kita coba alokasikan sementara 2.000 paket sembako dan penyalurannya diserahkan kepada masing-masing HIMA yang ada di Kota Palangka Raya se-Kalteng, yang ada di luar Kalteng pun yang ada HIMA nya, beberapa juga kita bantu, seperti HIMA Sumut, Papua, Nias, Sumbagsel, Sumbagut, Selebes, dan Intim,” katanya.

Dengan demikian, Reza berharap bantuan ini dapat memberikan sedikit kelegaan dan dukungan bagi para mahasiswa perantauan yang sedang berjuang dalam menempuh pendidikan jauh dari kampung halaman mereka. Semoga bantuan ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi mereka yang menerimanya.

“Ini merupakan perhatian atensi Bapak Gubernur Kalteng untuk pendidikan, sehingga teman-teman mahasiswa itu bisa fokus bagaimana caranya untuk bisa melanjutkan pendidikannya tanpa hambatan, jadi tidak usah mikir urusin perut lagi, tabungan juga udah disiapin melalui Tabungan Beasiswa (Tabe) Berkah. In Sya Allah bisa membawa keberkahan untuk semua,” harapnya.

Reza juga menjelaskan bahwa Pemprov Kalteng tengah menyiapkan program bantuan protein. Dengan begitu, program ini diharapkan mampu memberikan dampak yang signifikan terhadap mahasiswa, serta mengakselerasi pembangunan dan kemajuan di wilayah ini.

“Terkait bantuan protein, memang masih kita formulasikan, tapi sebagaimana bentuk petunjuk Bapak Gubernur untuk bantuan protein tadi dialokasikan 3 bulan sekali, entah itu dalam bentuk daging sapi, daging ayam, ikan, telor dan lain sebagainya. Kita doakan aja mudah-mudahan Pak Gubernur selalu sehat dan Wagub juga sehat, sehingga bisa memberikan yang terbaik untuk masyarakat Kalteng,” ucapnya.

Dari data yang telah terhimpun, diketahui bahwa setiap HIMA memiliki jumlah pengurus dan anggota yang tinggal di asrama. Untuk memastikan akuntabilitas dan pertanggungjawaban yang jelas, Disdik Kalteng telah menyediakan formulir bagi mahasiswa yang akan menerima bantuan sembako melalui tautan yang telah disiapkan. Perhatian juga diberikan kepada rekan-rekan yang tidak tinggal di asrama namun tetap membutuhkan dukungan. Mereka tetap akan mendapatkan bantuan.

“Untuk pelaksanaan inikan kita juga perlu komunikasi dengan teman-teman HIMA, kita data tiap HIMA ada berapa pengurus HIMA, ada berapa anggota HIMA yang tinggal di asrama, nah itu totalnya sekitar 1.012 orang dari total yang kita terima. Kami juga sudah siapkan link, yang mau terima bantuan sembako isi dulu form nya, supaya ada akuntabilitas kita untuk pertanggungjawaban. Kemudian terkait teman-teman yang tidak tinggal di asrama, akan tetapi dia ini merupakan yang membutuhkan, kita tetap support itu, nantinya akan kita komunikasikan bersama dengan HIMA,” pungkasnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.