Ciptakan program Bang Ir Peduli UMKM, mulai dirasakan manfaatnya oleh masyarakat

oleh -76 Dilihat
oleh

PALANGKA RAYA-Kehidupan perekonomian ditengah pandemi covid-19, sangat dirasakan oleh semua kalangan, terutama bagi para pelaku usaha UMKM.

Sebab seperti yang kita ketahui bahwa bisnis UMKM menjadi salah satu sektor yang paling merasakan dampak wabah Virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan info dari Kementerian Koperasi dan UKM (Kemenkop UKM) (Kompas, 27 Maret 2020), setidaknya terdapat 949 laporan dari pelaku koperasi serta usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) yang terkena dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Beranjak dari permasalahan tersebut Bambang Irawan Calon Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Tengah Daerah Pemilihan V (Kapuas pulang Pisau) yang juga Ketua Umum Fordayak mengajak, semua pihak termasuk swasta, BUMN, serta masyarakat untuk membantu para pelaku UMKM untuk bisa tetap produktif di tengah pandemi Corona.

“Ada ratusan unit usaha di sektor mikro di Kabupaten Kapuas. Jika hal ini tidak ditangani, tentunya hal tersebut akan menjadi persoalan yang besar, terlebih lagi krisis ekonomi pasca pandemi Covid-19 telah berdampak terhadap kelangsungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM),”ucapnya, Kamis (12/10/2023).

Berbeda pada saat krisis moneter tahun 1998 di mana UMKM betul betul menjadi penyelamat ekonomi nasional yang pada saat itu mampu meningkat hingga 350 persen ketika banyak usaha besar yang kolaps. Namun pada saat pandemi Covid-19 saat ini, justru UMKM yang sangat terdampak. Dampak dari sulitnya berusaha mengakibatkan banyaknya tenaga kerja yang terpaksa di rumahkan.

“Di saat masa pandemi terjadi perubahan pola konsumsi barang dan jasa masyarakat dari offline ke online. Pelaku UMKM pasti kesulitan dalam mencapai target-target yang harus dicapai saat perekonomian terganggu. Perubahan pola tersebut, seyogyanya diikuti pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar dapat survive, serta bisa berkembang sehingga mampu menghadapi kondisi new normal,”tambahnya.

Dengan situasi seperti ini, Bambang Irawan mengungkapkan, dirinya akan mencoba membantu pelaku UMKM di Kapuas dan Pulang Pisau dengan menciptakan program Bang Ir Peduli UMKM, program ini bertujuan untuk turut membantu pelaku UMKM mengembangkan usahanya.

“Salah satu cara membantu promosi dan publikasi, baik dalam bentuk pemberian spanduk gratis atau media sosial, saat ini sudah ada sekitar 400an bantuan spanduk usaha kepada pelaku UMKM, baik untuk pedagang gorengan, warung, rumah makan, salon dan lainnya,”lanjutnya.

Sebagai putera daerah asli Kalteng Bambang Irawan mengungkapkan, wajib bagi dirinya untuk berbuat dan bermanfaat bagi masyarakat, terutama para pelaku usaha kecil dan ekonomi krearif, kedepan kita akan coba kepada para perusahaan-perusahaan dapat menjadi mitra dari kelompok UMKM ini, dengan bersama mencoba membuat regulasi-regulasi yang memungkinkan keterlibatan lebih dalam.

“terlepas dari keinginan saya mengabdi sebagai Caleg DPRD Kalteng Dapil V (Kapuas-Pulang Pisau), saya berkeinginan Masyarakat Kapuas dan Pulang Pisau mampu mengambil berkah yang lebih banyak dari program-program yang dicanangkan oleh bapak Gubernur Kalimantan Tengah dan mampu berkembang menuju kalteng semakin berkah,”tuturnya

Sementara itu, salah satu warga Kapuas yang juga pelaku UMKM Risha mengatakan, turut merasakan manfaat dari program tersebut.

“Berkat ketekunan dan saran masukan yang disampaikan Bang ir, tentang bagaimana mengembangkan usaha, serta peluang-peluang pemasaran, sekarang usaha yang digeluti bersama dengan kawan-kawan perlahan mengalami peningkatan,”ungkapnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.