Perjuangkan Pemekaran Katingan Utara, GKM KATARA Gelar Syukuran dan Peresmian Kantor Pusat 

oleh -196 Dilihat
oleh
Suasana Syukuran dan Peresmian Kantor Pusat Gerakan Kapakat Masyarakat Katingan Utara (GKM KATARA). (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Gerakan Kapakat Masyarakat Katingan Utara (GKM KATARA) menggelar kegiatan syukuran. Adapun kegiatan yang mengambil tema “Gawi Hapakat Belum Bahadat”, tersebut dilaksanakan bertempat di ruangan Tanjung Rangas 1, Bahalap Hotel, Palangka Raya pada Sabtu (5/8/2023) Siang.

Ketua Satgas Acara Syukuran GKM KATARA, Yusuf Roni Hunjun Huke dalam laporannya menyampaikan kegiatan ini merupakan ucapan syukur, dalam rangka upaya perjuangan yang telah dilakukan untuk mewujudkan daerah otonomi baru (DOB).

“Kegiatan ini bisa terlaksana atas gotong royong dari semuanya, sesuai dengan moto kita Gawi Hapakat Belum Bahadat. Jadi kami ucapkan terima kasih, sehingga Kabupaten Katingan Utara yang kita inginkan bisa terwujud,” tuturnya.

Sehingga melalui komunikasi dan koordinasi, akhirnya bisa dilaksanakan kegiatan tersebut. Oleh karena itu, pihaknya sangat berharap kebersamaan dari semua pihak khususnya di wilayah Katingan Utara.

Sementara itu dalam sambutannya Sekretaris GKM KATARA, Yanel menyampaikan bahwa ormas GKM KATARA ini sudah terbentuk sejak Tahun 2015, tepatnya pada Tanggal 11 Maret 2015 lalu.

“Adapun Musyawarah Pertama GKM KATARA ini dilaksanakan bertempat di Rumah Betang Bintang Patendu Tumbang Manggu, pada 21 Maret 2015. Dari situlah terbentuk tim 17 yang merupakan awal dari perjuangan dalam pembentukan Daerah Otonomi Baru Katingan Utara,” tutur Yanel.

Lanjutnya, dengan dijadikannya GKM KATARA sebagai organisasi masyarakat (ormas) sehingga menjadikan organisasi ini legal secara kelembagaan. Sehingga, dukungan dan upaya yang dilakukan oleh masyarakat Katingan Utara akan lebih mudah dengan adanya wadah organisasi.

Dalam sambutannya, Ketua PP Forum Komunikasi Daerah (Forkoda) Percepatan Daerah Otonomi Baru (DOB) Provinsi Kalteng Ducun Helduk Umar menyampaikan bahwa, memperjuangkan wilayah pemekaran ini selain dengan niat tentunya juga harus ada aksi.

“Harapannya untuk Katingan Utara ini, agar tetap selalu konsisten untuk menyuarakan pemekaran daerah otonomi baru. Kita juga menyuarakan pemekaran ke pusat, hanya saja hingga saat ini masih ada moratorium untuk pemekaran wilayahnya,” ucapnya.

Dia juga mengajak setiap masyarakat di Katingan Utara, untuk bersama-sama mewujudkan daerah otonomi baru. Salah satunya adalah dengan memperkuat perekonomian masyarakat di wilayah tersebut, sehingga nanti jika moratorium telah dicabut maka, daerah Katingan Utara siap dan layak sebagai Kabupaten Pemekaran.

Sementara itu, Ketua Umum GKM KATARA Mido S. Mahar dalam acara tersebut menyampaikan bahwa dirinya berharap, dengan para warga Katingan Utara yang hadir dalam acara tersebut bisa menjadi pencetak sejarah.

“Saya telah memberikan waktu, tenaga dan pikiran saya khususnya sebagai Ketua GKM KATARA. Mari kita bulatkan tekad dan semangat kita, untuk mewujudkan apa yang kita impikan yakni Kabupaten Katingan Utara dimasa yang akan datang,” ucap Mido.

Adapun wilayah Katingan Utara tentunya memiliki sumber daya alam (SDA) yang memadai. Sehingga dengan upaya yang kita lakukan untuk mewujudkan Kabupaten Katingan Utara, nantinya SDA yang ada dapat dikelola dengan semaksimal mungkin dengan sebaik-baiknya demi kemajuan daerah.

Dia juga berharap dengan adanya GKM KATARA, diharapkan dapat menjadi wadah untuk berkumpulnya masyarakat di Katingan Utara. Serta yang paling penting adalah sesama masyarakat harus saling mendukung, serta dapat menjalin hubungan baik dengan pihak swasta maupun pemerintah.

Sementara itu, kegiatan juga dilanjutkan dengan peresmian kantor GKM KATARA secara simbolis oleh Ketua Umum GKM KATARA, serta dilanjutkan dengan acara ramah tamah. Sementara itu rencananya juga akan dilaksanakan pembentukan Presidium Calon DOB Kabupaten Katingan Utara. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.