HUT ke- 4 Dekranasda Kalteng, Diharapkan Semakin Berkembang Dalam Majukan Kerajinan Daerah 

oleh -402 Dilihat
oleh
Ketua Harian Dekranasda Kalteng, Hj. Aster Bonawaty berfoto bersama para stakeholder. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) telah memasuki usia yang ke- 4 Tahun. Hal tersebut diharapkan mampu menjadi salah satu momentum, agar kerajinan daerah semakin maju dan berkembang.

“Hari jadi Dekranasda Kalteng yakni pada Tanggal 15 Juli 2019, empat Tahun yang lalu. Kita berharap Dekranasda semakin maju dan berkembang dimasa yang akan datang,” ucap Ketua Harian Dekranasda Provinsi Kalteng Hj. Aster Bonawaty usai acara peringatan hari jadi Dekranasda ke- 4, bertempat di Central Borneo Souvenir, Jalan Imam Bonjol, Palangka Raya pada Sabtu (29/7/2023) Malam.

Lanjutnya, sejarah Dekranasda dulu sebenarnya sudah terdengar di Kalteng sejak Tahun 90 an, hanya saja belum aktif. Namun setelah Dekranasda Kalteng diketuai oleh Ivo Sugianto Sabran sejak itulah mulai aktif kembali.

Dimana dulunya untuk barang-barang kerajinan hanya diambil disekitar Palangka Raya saja, sekarang sudah mulai diambil dari berbagai wilayah Kabupaten di Kalteng mulai dari Purukcahu (Kabupaten Murung Raya) hingga Kabupaten Kapuas.

Selain itu, untuk omzet penjualan di Dekranasda Kalteng juga mengalami peningkatan. Kalau dulu pada event tertentu omzetnya hanya sekitar Rp. 1 juta perhari, saat ini bisa sampai kisaran Rp. 8 juta hingga Rp. 20 juta per hari saat ramai.

“Untuk produk kerajinan andalan ada tiga, yakni Benang Bintik, Tas Purun hingga Lilis Lamiang (manik-manik). Khususnya untuk Lilis Lamiang sendiri cukup dikenal karena ada nilai seni dan historisnya, ” ucap Aster.

Bahkan tak tanggung-tanggung, untuk Branding Queen Borneo yang berasal dari Kalteng pernah mengikuti Expo yang diselenggarakan di Dubai pada 2021 lalu. Melalui Kurasi Sarinah Grup, saat itu kerajinan khas Kalteng mendapatkan perhatian dari Menteri BUMN Erick Thohir saat itu. Sehingga pihaknya yakin bahwa kerajinan khas dari Kalteng akan semakin maju dan berkembang di masa yang akan datang. (TO)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.