Sejumlah Mahasiswa, “Belajar Politik” di DPW PKS Kalteng 

oleh -181 Dilihat
oleh
Sejumlah mahasiswa UM Palangka Raya usai belajar politik di kantor DPW PKS Kalteng. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Sejumlah mahasiswa yang berasal dari Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMPR) mendatangi kantor Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah (DPW) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Kedatangan mereka disambut langsung oleh Ketua DPW PKS Kalteng, Sirajul Rahman beserta jajarannya. Bertempat di kantor DPW setempat, Jalan G. Obos Induk, Palangka Raya pada Selasa (21/3/2023) Pagi.

Salah seorang dosen yang mengajar di Fisipol UMPR Palangka Raya, Sadar menyampaikan ke awak media bahwa, kegiatan ini bertujuan agar para mahasiswa dapat belajar apa itu politik, langsung kepada mereka yang terlibat langsung, dalam hal ini Partai Politik.

“Jadi dalam kegiatan ini, kita tetap mengutamakan independensi ya. Karena yang berhak melakukan sosialisasi politik itu kan dari partai politik itu sendiri. Oleh karena itu kita sebagai calon pemilih itu harus tetap profesional,” ucap Sadar.

Lanjutnya, ada sekitar 5 kelas yang dia ajar, sehingga mahasiswa yang mengikuti kegiatan tersebut juga akan memilih untuk belajar di partai mana saja. Meskipun nantinya, mereka ingin belajar lagi tentang politik ditempat yang lain tentu, itu kembali ke pada pilihan mereka.

Sementara itu, Ketua DPW PKS Provinsi Kalteng Sirajul Rahman, saat diwawancarai oleh sejumlah awak media mengatakan, pihaknya mengapresiasi adanya kegiatan yang digagas oleh Fisipol UM Palangka Raya tersebut.

“Apa yang mereka lakukan ini kan bagian dari tugas di Kampus, sehingga mereka belajar langsung ke lembaga atau institusi ya termasuk ke partai-partai politik,” ucap pria yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Kalteng tersebut. (TO)

Kemudian, dengan belajar langsung bagaimana suatu proses berjalan di partai politik, berkaitan juga dengan tugas dan fungsi partai politik dalam membangun bangsa dan negara ini. Tentunya dengan para mahasiswa yang turun ke lapangan, diharapkan dapat mengetahui langsung apa itu politik, tidak terbatas pada teori-teori yang diajarkan di kampus saja.

Menurut Sirajul, dengan mahasiswa yang turun ke lapangan untuk belajar berpolitik tentunya mereka akan tahu lebih dekat, bagaimana kondisi yang ada di lapangan. Misalnya apa itu partai politik, bagaimana pengurusnya, tujuan dan fungsinya serta lainnya.

“Tentunya kita sangat menyambut ya, apalagi tugas kita di partai politik adalah memberikan pendidikan politik ke pada masyarakat. Dalam hal ini mahasiswa kan bagian dari masyarakat juga, dan itu juga sudah menjadi kewajiban kami.” tuturnya.

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.