Pemprov dan Forkopimda di Provinsi Kalteng Siap Antisipasi Potensi Karhutla di Tahun 2023 

oleh -144 Dilihat
oleh
Personel Polda Kalteng saat mengecek pesawat tanpa awak, untuk antisipasi potensi Karhutla. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Seluruh stakeholder terkait dan juga semua elemen masyarakat, diharapkan dapat ikut berperan serta dalam mengantisipasi potensi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Hal tersebut disampaikan oleh Gubernur Kalteng, H. Sugianto Sabran usai menggelar pengecekan Sarana dan Prasarana (sarpras) Satuan Tugas (Satgas) Penanggulangan Karhutla, bersama unsur Forkopimda Kalteng. Bertempat di lapangan Barigas, Mapolda Kalteng pada Rabu (15/3/2023) Siang.

Sebelum melakukan pengecekan, unsur Forkopimda di Kalteng sebelumnya telah menggelar rapat koordinasi dengan para stakeholder, serta perwakilan dari seluruh elemen masyarakat, yang dilaksanakan di kantor Gubernur Kalteng.

“Yang paling terpenting adalah anggaran, agar nantinya satgas penanggulangan karhutla ini dapat segera turun ke lapangan. Untuk mempersiapkan mulai dari makanan dan juga sarpras lainnya,” ucap Gubernur.

Lanjutnya, dengan sarpras yang telah di inventarisir maka untuk skala luas wilayah di Provinsi Kalteng tentunya perlu lebih banyak lagi, contohnya dari peralatan penunjang lainnya. Namun, tentunya Provinsi Kalteng sudah siap untuk mengantisipasi terjadinya potensi karhutla pada Tahun 2023 ini.

Sementara itu Kapolda Kalteng, Irjen Pol Nanang Avianto kepada para awak media mengatakan, berkaca pada bencana kabut asap yang pernah terjadi pada Tahun 2019 di Kalteng, tentu saat ini pihaknya telah menyiapkan segala sesuatunya.

“Mulai dari persiapan personel dan peralatan, kita akan bersinergi dengan Korem 102/PJG beserta jajarannya juga para stakeholder terkait lainnya. Sehingga kita bisa memaksimalkan yang ada untuk memberikan pelayanan. Serta dapat bergerak cepat untuk melakukan penanggulangan lebih cepat dan tepat,” ucap Kapolda.

Sementara itu Danrem 102/PJG, Brigjen TNI Bayu Permana kepada para awak media mengatakan, dalam rangka penanggulangan karhutla di Kalteng, nantinya seluruh Kodim yang ada di wilayah Kalteng akan turut berperan serta.

“Seluruhnya ya, baik Kodim maupun Batalyon. Untuk sarana dan prasarana seperti, peralatan, kendaraan roda empat dan roda dua juga akan kita siapkan.” tutupnya. (TO)

 

 

 

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.