Ketua Tim Penggerak PKK Kalteng: Revitalisasi Posyandu dalam Rangka Peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak

oleh -132 Dilihat
oleh
Ivo Sugianto Sabran saat menjadi pemateri di kegiatan Rakor Pokjanal Posyandu se- Kalteng. (TO)

PALANGKARAYA, SUARAKALIMANTANMEMBANGUN.COM – Posyandu merupakan salah satu bentuk Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) yang dikelola dan diselenggarakan dari, oleh, untuk dan bersama masyarakat dalam memperoleh pelayanan kesehatan dasar/sosial dasar untuk mempercepat penurunan angka kematian ibu dan angka kematian bayi.

Hal itu ia sampaikan Ketua TP PKK Prov. Kalteng Ivo Sugianto Sabran dalam paparannya pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pokjanal Posyandu Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2023, di Best Western Hotel Palangka Raya, Selasa (7/2/23).

Menurut Ivo, keberadaan Posyandu dinilainya sangat penting sekali agar bisa menghasilkan ibu yang sehat, anak yang cerdas, dan keluarga yang sejahtera.

Namun sangat disayangkan, jumlah Posyandu se-Kalteng sebanyak 2.723 Posyandu, hanya 1.964 Posyandu yang aktif (72,12%), dan Posyandu yang belum aktif 759 Posyandu.

“Karena itu, saya pikir perlu dilakukan revitalisasi Posyandu untuk meningkatkan fungsi dan kinerja Posyandu agar dapat memenuhi kebutuhan tumbuh kembang anak sejak dalam kandungan, dan agar status gizi maupun derajat kesehatan ibu dan anak dapat dipertahankan dan atau ditingkatkan,” kata Ivo.

Dia berharap semua anggota Pokjanal di Provinsi dan Kabupaten/Kota dapat berperan aktif membina Posyandu di wilayahnya masing-masing.

Menurut Ivo, keberhasilan pengelolaan Posyandu memerlukan dukungan yang kuat dari berbagai pihak, baik dukungan moril, materil, maupun finansial. Selain itu diperlukan adanya kerja sama, tekanan dan pengabdian para pengelolanya termasuk Kader.

“Apabila kegiatan Posyandu terselenggara dengan baik akan memberikan kontribusi yang besar dalam menurunkan angka kematian ibu, bayi, dan anak balita,” tandasnya.

Tampak hadir dalam kegiatan itu, Kepala Dinas Kesehatan Prov. Kalteng Suyuti Syamsul, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Prov. Kalteng Aryawan, serta perwakilan Dinas Kesehatan dan Dinas PMD kabupaten/kota se-Kalteng.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

No More Posts Available.

No more pages to load.